Selasa, 24 April 2012

Rinjani Adalah Gunung Yang Indah

. Selasa, 24 April 2012

Masih update artikel yang di dapatkan dari belantaraindonesia, yaitu mengenai gunung Rinjani. Rinjani, bagi pendaki Indonesia merupakan gunung favorit. Semua itu karena keindahan alamnya, kearifan lokal dan anggunnya gunung Indonesia yang di wakili oleh Rinjani. Gunung ini terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat dan secara administratif, Rinjani berada di tiga wilayah Kabupaten, yakni Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani menempati urutan kedua dalam jajaran gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Panaroma Rinjani bisa dibilang paling indah di antara gunung - gunung di Indonesia. Setiap tahunnya ( Juni - Agustus ) para pecinta alam ramai mengunjungi gunung anggun ini. Pendaki umumnya didominasi kalangan pelajar / mahasiswa dari seluruh Indonesia. Salah satu kelompok pecinta alam di Pulau Lombok bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, mengadakan event yang dikenal dengan istilah ”Tapak Rinjani” setiap tahunnya. Dalam event ini, para pendaki merayakan HUT Kemerdekaan RI di puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.


Untuk mencapai Gunung Rinjani, Anda bisa naik bus langsung Jakarta - Mataram, lalu setelah tiba di Mataram perjalanan dilanjutkan ke Desa Sembalun atau bisa juga ke Desa Senaru dengan kendaraan setempat. Dari kedua desa inilah pendakian dimulai. Selain naik bus langsung, Anda juga bisa memilih perjalanan udara ke Mataram melalui penerbangan dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar.

Kebanyakan pendaki menyukai start entry ( permulaan pendakian ) dari arah Sembalun,untuk menghemat 700 m ketinggian. Rutenya agak panjang tetapi datar. Melalui jalur ini Anda lebih leluasa melihat Lombok dari ketinggian karena tidak tertutupi pepohonan. Cuaca melalui rute ini terasa lebih panas karena melewati savana yang terik ( suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit ). Untuk itu, sangat dianjurkan menggunakan krim pelindung dari sinar matahari untuk mengurangi efek panas pada kulit.

Pemandangan dari Sembalun Lawang
Jika pendakian dilakukan dari arah Senaru, maka Anda akan menemui tanjakan tanpa jeda. Akan tetapi, cuaca terasa lembut karena melalui hutan. Melalui kedua rute ini, butuh waktu sekitar 9 jam untuk tiba di bibir punggungan pada ketinggian 2.700 mdpl. Area ini biasa disebut Plawangan Senaru ataupun Plawangan Sembalun.

Di kawasan ini pemandangan terlihat sangat indah. Anda bisa melihat ke arah Danau Segara Anakan di ketinggian 2.000 mdpl, atau ke arah luar yang juga tidak kalah bagus. Dari Plawangan Senaru ( jika naik dari arah Senaru ) turun ke danau bisa ditempuh dalam 2 jam. Di Danau Segara Anakan ini Anda bisa berkemah dan mancing. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke danau ini untuk berendam di kolam air panas dan mancing. Danau Segara Anakan ini merupakan salah satu pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Pendakian menuju puncak cukup berat. Medan di bibir kawah harus disusuri dengan sangat hati - hati dan susah payah. 200 meter ketinggian terakhir merupakan medan paling berat. Namun jangan khawatir, jerih payah pendakian akan segera terbayar dengan cantiknya panorama dan kepuasan batin setelah tiba di puncak.


Tidak perlu alat bantu khusus untuk mendaki Rinjani, yang terpenting jagalah stamina Anda agar tetap prima. Persiapan logistik juga perlu diperhatikan. Untuk keperluan pendakian Rinjani, peralatan yang umum bisa diperoleh di desa terdekat. Homestay - homestay yang menyewakan tenda, sleeping bag, dan peralatan lainnya termasuk radio komunikasi banyak bertebaran. Peralatan makan dan bahan makanan juga tersedia.
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

:X ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar